Kisi-Kisi Soal STS
Informatika Kelas X
Tahun Pelajaran 2025/2026 – MA Integratif NU Al-Hikmah
Berbasis CP (Capaian Pembelajaran)
No |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Materi/Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
Peserta
didik mampu memahami peran perangkat keras dan perangkat lunak dalam
perkembangan teknologi |
Menjelaskan
hubungan AI dengan perangkat keras (TPU/GPU) dan perangkat lunak (framework) |
C2–C3 |
PG |
1–3, 39 |
2 |
Peserta
didik mampu memahami konsep cloud computing dan virtualisasi |
Menjelaskan
manfaat cloud computing, fungsi virtualisasi, dan model layanan |
C2–C4 |
PG
& Esai |
4–5,
26, 28; Esai 4 |
3 |
Peserta
didik mampu mengolah informasi numerik terkait teknologi digital |
Menghitung
kebutuhan penyimpanan data, kapasitas hard disk, total ukuran file, dan
kebutuhan daya komputer |
C3 |
PG |
6–10 |
4 |
Peserta
didik mampu mengenali komponen perangkat keras komputer |
Mengidentifikasi
fungsi CPU, RAM, HDD, SSD, PSU, motherboard, monitor, keyboard, printer, dll. |
C1–C2 |
PG
& Esai |
11–20,
34, 37 |
5 |
Peserta
didik mampu membedakan perangkat lunak sistem, aplikasi, dan utilitas |
Menentukan
contoh dan fungsi OS, aplikasi, open-source, firmware |
C2 |
PG
& Esai |
12, 22,
30, 36 |
6 |
Peserta
didik mampu memahami perkembangan teknologi mutakhir |
Menjelaskan
konsep IoT, AR, VR, Big Data, AI, serta dampaknya pada kehidupan sehari-hari |
C2–C4 |
PG
& Esai |
21, 27,
31, 32, 38; Esai 3 & 5 |
7 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi fungsi arsitektur komputer |
Menjelaskan
arsitektur Von Neumann dan perannya dalam komputer modern |
C2–C3 |
PG
& Esai |
33;
Esai 1 |
8 |
Peserta
didik mampu menganalisis kebutuhan perangkat keras untuk performa tinggi |
Menentukan
komponen kritis untuk simulasi fisika, database, serta penyimpanan dengan
RAID |
C3–C4 |
PG |
29, 35,
40 |
9 |
Peserta
didik mampu memahami fungsi dan peran sistem operasi |
Menjelaskan
mengapa OS menjadi perangkat lunak terpenting dalam komputer |
C2–C4 |
Esai |
2 |
10 |
Peserta
didik mampu mengevaluasi perkembangan teknologi terhadap dunia kerja |
Menjelaskan
bagaimana AI dan hardware memengaruhi pekerjaan masa depan |
C4–C5 |
Esai |
5 |
Kisi-Kisi Soal STS
Informatika Kelas XI
Tahun Pelajaran 2025/2026 – MA Integratif NU Al-Hikmah
Berbasis CP (Capaian Pembelajaran)
No |
Capaian Pembelajaran (CP) |
Materi/Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
Peserta
didik mampu mengenali dan menganalisis informasi digital dengan kritis |
Menilai
kredibilitas sumber informasi di media sosial (hoaks vaksin) |
C2–C4 |
PG |
1–5 |
2 |
Peserta
didik mampu menerapkan keterampilan numerasi untuk membaca dan mengolah data |
Menghitung
dan membandingkan volume sampah berdasarkan data numerik |
C3 |
PG |
6–10 |
3 |
Peserta
didik mampu memahami konsep dasar berpikir kritis |
Menjelaskan
definisi, ciri, tahapan berpikir kritis |
C1–C2 |
PG |
11, 12,
14, 15 |
4 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi hambatan berpikir kritis |
Menentukan
bias, prasangka, dan hambatan lainnya |
C2–C3 |
PG |
16, 20 |
5 |
Peserta
didik mampu mempraktikkan keterampilan komunikasi efektif (public speaking) |
Menentukan
peran audiens, gaya penyampaian, penggunaan analogi, dan kendala komunikasi |
C2–C4 |
PG |
13, 18,
23, 28 |
6 |
Peserta
didik mampu mengaplikasikan berpikir kritis dalam pemecahan masalah
lingkungan |
Menentukan
tahapan pemecahan masalah lingkungan (sampah, banjir, polusi) |
C3–C4 |
PG
& Esai |
17, 21,
24, 30; Esai 2 & 4 |
7 |
Peserta
didik mampu mengidentifikasi bias kognitif dalam pengambilan keputusan |
Menjelaskan
bias konfirmasi dan dampaknya |
C2–C4 |
PG
& Esai |
19, 22;
Esai 3 |
8 |
Peserta
didik mampu menilai keandalan argumen berdasarkan data |
Mengevaluasi
argumen yang tidak valid, klaim yang kontradiktif, dan data tidak
representatif |
C4–C5 |
PG |
25–27,
31 |
9 |
Peserta
didik mampu mengintegrasikan berpikir kritis dalam konteks era digital |
Menjelaskan
pentingnya berpikir kritis di era informasi cepat |
C2–C4 |
Esai |
5 |
10 |
Peserta
didik mampu mengembangkan solusi kreatif berbasis TIK |
Merancang
kampanye digital sederhana (pemilahan sampah, edukasi) |
C4–C5 |
PG
& Esai |
29, 32;
Esai 2 |
KISI-KISI INFORMATIKA KELAS XII
PTS GANJIL 2025/2026
No |
Kompetensi Dasar (KD) |
Indikator Soal |
Level Kognitif |
Bentuk Soal |
Nomor Soal |
1 |
Memahami
perkembangan penggunaan internet di Indonesia |
Menentukan
faktor penyebab meningkatnya pengguna internet |
C2
(Memahami) |
Pilihan
Ganda |
1 |
2 |
Memahami
literasi digital |
Mengidentifikasi
upaya pemerintah menghadapi tantangan internet |
C2 |
Pilihan
Ganda |
2, 5 |
3 |
Menganalisis
pengaruh media sosial terhadap remaja |
Menjelaskan
kelebihan & risiko media sosial |
C2–C4 |
Pilihan
Ganda |
3–4, 12 |
4 |
Mengolah
data numerik berbasis TIK |
Menghitung
kenaikan transaksi e-commerce |
C3
(Mengaplikasi) |
Pilihan
Ganda |
6–7 |
5 |
Mengolah
data numerik berbasis TIK |
Menghitung
persentase peningkatan pengguna kelas daring |
C3 |
Pilihan
Ganda |
8–10,
20, 27, 30, 32 |
6 |
Memahami
manfaat AI dalam kehidupan |
Mengidentifikasi
manfaat, risiko, dan solusi terkait AI |
C2–C4 |
Pilihan
Ganda & Esai |
11, 19,
29, 34; Esai no. 3 |
7 |
Memahami
pentingnya perlindungan data pribadi |
Menentukan
alasan data pribadi harus dijaga |
C2 |
Pilihan
Ganda & Esai |
13, 22,
31; Esai no. 2 |
8 |
Memahami
pemanfaatan TIK dalam pendidikan |
Menentukan
contoh teknologi pendidikan |
C1–C2 |
Pilihan
Ganda |
14 |
9 |
Menganalisis
dampak media sosial |
Menentukan
dampak negatif media sosial |
C2 |
Pilihan
Ganda & Esai |
15;
Esai no. 1 |
10 |
Memahami
privasi digital |
Menjelaskan
pentingnya menjaga privasi digital |
C2 |
Pilihan
Ganda |
16 |
11 |
Memahami
peran teknologi dalam pelestarian budaya |
Menentukan
contoh budaya lokal yang terpromosi lewat teknologi |
C2–C4 |
Pilihan
Ganda & Esai |
17–18,
25, 33; Esai no. 4 |
12 |
Memahami
tantangan pembelajaran daring |
Menentukan
hambatan di daerah pedesaan |
C2 |
Pilihan
Ganda & Esai |
19;
Esai no. 5 |
13 |
Menerapkan
etika digital |
Menentukan
perilaku etis di dunia digital |
C2–C3 |
Pilihan
Ganda |
28 |
14 |
Menganalisis
globalisasi digital |
Menentukan
dampaknya terhadap budaya lokal Indonesia |
C4 |
Pilihan
Ganda |
26, 35 |
15 |
Menghitung
biaya & statistik sederhana terkait TIK |
Menentukan
biaya internet & persentase kenaikan pengguna |
C3 |
Pilihan
Ganda |
24, 31 |