Admin Magita
Admin Magita
Online
Halo 👋
Ada yang bisa dibantu?

Kisi-Kisi Informatika — STS / PTS GANJIL 2025/2026

Kisi-Kisi Soal STS Informatika Kelas X

Tahun Pelajaran 2025/2026 – MA Integratif NU Al-Hikmah
Berbasis CP (Capaian Pembelajaran)

No

Capaian Pembelajaran (CP)

Materi/Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

Peserta didik mampu memahami peran perangkat keras dan perangkat lunak dalam perkembangan teknologi

Menjelaskan hubungan AI dengan perangkat keras (TPU/GPU) dan perangkat lunak (framework)

C2–C3

PG

1–3, 39

2

Peserta didik mampu memahami konsep cloud computing dan virtualisasi

Menjelaskan manfaat cloud computing, fungsi virtualisasi, dan model layanan

C2–C4

PG & Esai

4–5, 26, 28; Esai 4

3

Peserta didik mampu mengolah informasi numerik terkait teknologi digital

Menghitung kebutuhan penyimpanan data, kapasitas hard disk, total ukuran file, dan kebutuhan daya komputer

C3

PG

6–10

4

Peserta didik mampu mengenali komponen perangkat keras komputer

Mengidentifikasi fungsi CPU, RAM, HDD, SSD, PSU, motherboard, monitor, keyboard, printer, dll.

C1–C2

PG & Esai

11–20, 34, 37

5

Peserta didik mampu membedakan perangkat lunak sistem, aplikasi, dan utilitas

Menentukan contoh dan fungsi OS, aplikasi, open-source, firmware

C2

PG & Esai

12, 22, 30, 36

6

Peserta didik mampu memahami perkembangan teknologi mutakhir

Menjelaskan konsep IoT, AR, VR, Big Data, AI, serta dampaknya pada kehidupan sehari-hari

C2–C4

PG & Esai

21, 27, 31, 32, 38; Esai 3 & 5

7

Peserta didik mampu mengidentifikasi fungsi arsitektur komputer

Menjelaskan arsitektur Von Neumann dan perannya dalam komputer modern

C2–C3

PG & Esai

33; Esai 1

8

Peserta didik mampu menganalisis kebutuhan perangkat keras untuk performa tinggi

Menentukan komponen kritis untuk simulasi fisika, database, serta penyimpanan dengan RAID

C3–C4

PG

29, 35, 40

9

Peserta didik mampu memahami fungsi dan peran sistem operasi

Menjelaskan mengapa OS menjadi perangkat lunak terpenting dalam komputer

C2–C4

Esai

2

10

Peserta didik mampu mengevaluasi perkembangan teknologi terhadap dunia kerja

Menjelaskan bagaimana AI dan hardware memengaruhi pekerjaan masa depan

C4–C5

Esai

5


Kisi-Kisi Soal STS Informatika Kelas XI

Tahun Pelajaran 2025/2026 – MA Integratif NU Al-Hikmah
Berbasis CP (Capaian Pembelajaran)

No

Capaian Pembelajaran (CP)

Materi/Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

Peserta didik mampu mengenali dan menganalisis informasi digital dengan kritis

Menilai kredibilitas sumber informasi di media sosial (hoaks vaksin)

C2–C4

PG

1–5

2

Peserta didik mampu menerapkan keterampilan numerasi untuk membaca dan mengolah data

Menghitung dan membandingkan volume sampah berdasarkan data numerik

C3

PG

6–10

3

Peserta didik mampu memahami konsep dasar berpikir kritis

Menjelaskan definisi, ciri, tahapan berpikir kritis

C1–C2

PG

11, 12, 14, 15

4

Peserta didik mampu mengidentifikasi hambatan berpikir kritis

Menentukan bias, prasangka, dan hambatan lainnya

C2–C3

PG

16, 20

5

Peserta didik mampu mempraktikkan keterampilan komunikasi efektif (public speaking)

Menentukan peran audiens, gaya penyampaian, penggunaan analogi, dan kendala komunikasi

C2–C4

PG

13, 18, 23, 28

6

Peserta didik mampu mengaplikasikan berpikir kritis dalam pemecahan masalah lingkungan

Menentukan tahapan pemecahan masalah lingkungan (sampah, banjir, polusi)

C3–C4

PG & Esai

17, 21, 24, 30; Esai 2 & 4

7

Peserta didik mampu mengidentifikasi bias kognitif dalam pengambilan keputusan

Menjelaskan bias konfirmasi dan dampaknya

C2–C4

PG & Esai

19, 22; Esai 3

8

Peserta didik mampu menilai keandalan argumen berdasarkan data

Mengevaluasi argumen yang tidak valid, klaim yang kontradiktif, dan data tidak representatif

C4–C5

PG

25–27, 31

9

Peserta didik mampu mengintegrasikan berpikir kritis dalam konteks era digital

Menjelaskan pentingnya berpikir kritis di era informasi cepat

C2–C4

Esai

5

10

Peserta didik mampu mengembangkan solusi kreatif berbasis TIK

Merancang kampanye digital sederhana (pemilahan sampah, edukasi)

C4–C5

PG & Esai

29, 32; Esai 2



KISI-KISI INFORMATIKA KELAS XII

PTS GANJIL 2025/2026

 

No

Kompetensi Dasar (KD)

Indikator Soal

Level Kognitif

Bentuk Soal

Nomor Soal

1

Memahami perkembangan penggunaan internet di Indonesia

Menentukan faktor penyebab meningkatnya pengguna internet

C2 (Memahami)

Pilihan Ganda

1

2

Memahami literasi digital

Mengidentifikasi upaya pemerintah menghadapi tantangan internet

C2

Pilihan Ganda

2, 5

3

Menganalisis pengaruh media sosial terhadap remaja

Menjelaskan kelebihan & risiko media sosial

C2–C4

Pilihan Ganda

3–4, 12

4

Mengolah data numerik berbasis TIK

Menghitung kenaikan transaksi e-commerce

C3 (Mengaplikasi)

Pilihan Ganda

6–7

5

Mengolah data numerik berbasis TIK

Menghitung persentase peningkatan pengguna kelas daring

C3

Pilihan Ganda

8–10, 20, 27, 30, 32

6

Memahami manfaat AI dalam kehidupan

Mengidentifikasi manfaat, risiko, dan solusi terkait AI

C2–C4

Pilihan Ganda & Esai

11, 19, 29, 34; Esai no. 3

7

Memahami pentingnya perlindungan data pribadi

Menentukan alasan data pribadi harus dijaga

C2

Pilihan Ganda & Esai

13, 22, 31; Esai no. 2

8

Memahami pemanfaatan TIK dalam pendidikan

Menentukan contoh teknologi pendidikan

C1–C2

Pilihan Ganda

14

9

Menganalisis dampak media sosial

Menentukan dampak negatif media sosial

C2

Pilihan Ganda & Esai

15; Esai no. 1

10

Memahami privasi digital

Menjelaskan pentingnya menjaga privasi digital

C2

Pilihan Ganda

16

11

Memahami peran teknologi dalam pelestarian budaya

Menentukan contoh budaya lokal yang terpromosi lewat teknologi

C2–C4

Pilihan Ganda & Esai

17–18, 25, 33; Esai no. 4

12

Memahami tantangan pembelajaran daring

Menentukan hambatan di daerah pedesaan

C2

Pilihan Ganda & Esai

19; Esai no. 5

13

Menerapkan etika digital

Menentukan perilaku etis di dunia digital

C2–C3

Pilihan Ganda

28

14

Menganalisis globalisasi digital

Menentukan dampaknya terhadap budaya lokal Indonesia

C4

Pilihan Ganda

26, 35

15

Menghitung biaya & statistik sederhana terkait TIK

Menentukan biaya internet & persentase kenaikan pengguna

C3

Pilihan Ganda

24, 31

 


Berbagi

Posting Komentar